Sejarah Muncul dan Berkembangnya Internet di Dunia dan Indonesia

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah internet? Namun, tahukah kalian awal mula internet dicetuskan dan berkembang diseluruh dunia tanpa terkecuali di Indonesia? Penasaran ya? Ayo kita bahas tentang awal mula internet hingga perkembangannya di Indonesia dengan membaca artikel dibawah ini!

Sejarah Internet

Manfaat dari Penggunaan Internet

Di abad ke-21 ini, internet digunakan oleh hampir seluruh kalangan tanpa mengenal umur, status sosial dan lain sebagainya. Bagaimana tidak, internet saat ini dinilai mampu mempermudah segala kegiatan manusia, dari sektor ekonomi, pendidikan, budaya hingga sosial. Hampir semua hal saat ini dapat kita lakukan secara online melalui internet. Di bidang ekonomi, internet telah memudahkan penjual untuk menawarkan dagangannya langsung ke konsumen tanpa batasan jarak sehingga membantu memperluas pasar dan menaikkan perekonomiannya. Sedangkan dalam bidang pendidikan dan budaya, internet dapat kita katakan telah berhasil mengedukasi masyarakat dengan mempermudah penyebaran informasi secara masal, dan masih banyak lagi manfaat-manfaat dari internet yang kita rasakan yang tak ada habisnya bila kita bahas saat ini. 

Terlepas dari semua manfaat internet tersebut, pernahkah kalian mengulik tentang sejarah awal kemunculan internet?

Awal Kemunculan Internet

Tahun 1969 kementerian pertahanan Amerika Serikat menggunakan sistem yang memudahkan mereka terhubung satu sama lain melalui perangkat atau komputer yang mereka miliki. Sistem ini disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Pada awalnya, internet pertama kali digunakan oleh 4 perangkat komputer saja. Namun, setelah sukses dengan langkah awal tersebut, jumlah komputer yang dihubungkan pun bertambah menjadi 13 hingga 231 komputer pada tahun 1981.

Awal Kemunculan Internet

Bagaimana sistem ARPANET bekerja?

Ternyata, sistem komunikasi yang digunakan kementerian pertahanan Amerika Serikat ini menggunakan prinsip yang sederhana seperti sistem internet yang kita kenal. Berbagai komputer atau perangkat sejenis terhubung ke dalam suatu jaringan yang kita kenal dengan sebutan online.

Perkembangan Internet di Dunia

Seiring dengan berjalannya waktu, sistem ini pun mulai digunakan oleh berbagai kalangan, tidak hanya oleh militer. Berbagai universitas di Amerika mulai menggunakannya, sehingga terbagilah jaringan ini menjadi ARPANET kecil (jaringan yang digunakan oleh universitas) dan MILNET (jaringan yang khusus digunakan oleh militer). Jaringan gabungan keduanya inilah yang disebut internet.

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Dalam sejarah perkembangannya, masuknya internet di Indonesia dimulai pada awal 90-an dengan sebutan paguyuban network. Tahun 1988 sekumpulan akademisi dari Universitas Indonesia mendaftarkan IP (Internet Protocol) yang menjadi titik awal berkembangnya penggunaan internet di Indonesia sekarang. Kita sepatutnya turut berterima kasih kepada mereka, akademisi seperti RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, dan lainnya. Atas dedikasi mereka dan mungkin orang-orang yang tak tercatat sumbangsih nya kita bisa merasakan keseruan berselancar di internet.

Jadi bagaimana, bukan hanya sekedar menggunakannya, sekarang kalian sudah lebih paham dan mengenal internet baik dari sisi luas (dunia) hingga ke dalam negeri. Menarik bukan? Tunggu dan jangan lewatkan update terbaru dari artikel-artikel edukatif 101 INTERNET Indonesia!

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia
foto: kompaspedia


ANNISA HUMAIRA

Anda dapat memilih sendiri provider dan tarif yang cocok untuk Anda. Tapi, Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami. Kami akan menjawab semua pertanyaan Anda dan membantu Anda memilih tarif terbaik untuk Anda.

You have successfully subscribed!
This email has been registered