Rekomendasi Internet Rumah WiFi di Yogyakarta

Semakin meningkatnya kebutuhan internet bagi kebanyakan orang membuat jasa penyedia internet rumah banyak bermunculan dan berlomba memberikan berbagai paket internet terbaiknya, hal ini tentu menjadi keuntungan bagi para konsumen yang mendapat berbagai pilihan. Namun, kita harus jeli dalam memilih paket internet agar mendapat harga dan kualitas yang baik. Namun, sebelum jauh menentukan paket internet, kita sebaiknya mengetahui jenis internet yang tersedia.

WiFi Jogja

Perbedaan Fiber Optic dan Wireless

Teknologi yang tersedia untuk mengakses internet saat ini ada 2 pilihan yaitu fiber optic dan Wireless. Singkatnya, fiber optic merupakan jenis internet yang menggunakan kabel dan wireless tanpa kabel. Kelebihan dan kekurangannya dapat dilihat di tabel berikut

Fiber Optic

 Internet lebih cepat

 Keamanan terjamin

 Biaya pemasangan mahal

 jangkauan terbatas

Wireless

 Harga lebih murah

 Pemasangan yang mudah

 Jangkauan lebih luas

 Kecepatan internet kurang

 Keamanan mudah diretas

 

Perbandingan diatas dapat disesuaikan lagi dengan kebutuhan dan lokasi rumah Anda. Untuk pilihan fiber optic, jenis dan harganya lebih bervariasi dan dari segi kecepatannya sangat cepat dibanding dengan jenis wireless. Namun, jika lokasi Anda ternyata tidak terjangkau oleh fiber optic maupun internet jenis wireless, jangan khawatir masih ada jenis internet yang dapat menjangkau seluruh wilayah hingga daerah-daerah terpencil bahkan di tengah laut sekalipun yaitu internet satelit. 

  Internet satelit merupakan jenis internet dengan akses menggunakan saluran satelit komunikasi.


Bagi Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Denpasar sangat beruntung karena pilihan provider dan paket Internet rumah yang tersedia sangat bervariatif, termasuk juga kota Yogyakarta. Untuk pilihan paket internet dapat dilihat melalui tabel dibawah. 


Daftar Paket Internet Rumah di Yogyakarta Tipe Fiber Optic

Paket Internet Rumah Fiber Optik di Yogyakarta

Provider

Nama Paket dan Kecepatan

Harga/Bulan

Iconnet

Iconnet10 Jawa & Bali up to 10 Mbps

Iconnet10 Jawa & Bali Up To 10 Mbps

Rp 140.000

Iconnet50 Jawa & Bali up to 50 Mbps

 

Iconnet50 Jawa & Bali Up To 50 Mbps

 

Rp 336.000

IndiHome

IndiHome Paket 2P Internet + TV up to 30 Mbps

IndiHome Paket 2P Internet + TV Up To 30 Mpbs

Rp 370.000

IndiHome Paket 2P Internet + TV up to 100 Mbps 

IndiHome Paket 2P Internet + TV Up To 100 Mpbs

Rp 945.000

Citranet

Infinite Lite up to 10 Mbps

Infinite Lite Up To 10 Mbps

Rp 189.000

Infinite Home 5 up to 100 Mbps

Infinite Home 5 Up To 100 Mbps

Rp 820.000

XL Home

Family up to 100 Mbps

Family Up To 100 Mbps

Rp 349.000

Ultimate up to 1 Gbps

Ultimate Up To 1 Gbps

Rp 999.000

Jogja Medianet

Mangrove 10 Mbps

Mangrove 10 Mbps

Rp 570.000

Breksi 20 Mbps

Breksi 20 Mbps

Rp 500.000

Biznet home

Biznet Home Internet 1C up to 100 Mbps

Biznet Home Internet 1C Up To 100 Mbps

Rp 375.000

Biznet Home Gamers 3C up to 250 Mbps

Biznet Home Gamers 3C Up To 250 Mbps

Rp 700.000

Fiberstream

Rapid Stream up to 30 Mbps

Rapid Stream Up To 30 Mbps

Rp 365.000

Ultimate Stream up to 100 Mbps

Ultimate Stream Up To 100 Mbps

Rp 845.000


Setelah melihat berbagai paket internet dengan jenis fiber optic, Anda dapat menentukan provider yang memiliki paket internet sesuai kebutuhan Anda. Dalam segi harga, Citranet, Iconnet dan XL Home memiliki harga lebih murah dibanding provider lainnya dan juga kecepatannya tersedia untuk berbagai macam kebutuhan. Sekarang, mari kita bandingkan paket internet jenis wireless bagi untuk lokasi yang tidak terjangkau oleh jenis internet fiber optic atau ingin kemudahan dalam pemasangan perangkat internet.


Daftar Paket Internet Rumah di Yogyakarta Tipe Wireless

 

Paket Internet Rumah Wireless di Yogyakarta

Provider

Nama Paket dan Kecepatan

Harga

Citranet

Air Wave 1 up to 20 Mbps

Air Wave 1 Up To 20 Mbps

Rp 240.000

Air Wave 2 up to 30 Mbps

Air Wave 2 Up To 30 Mbps

Rp 340.000

RouteLINK

Family 1 3 Mbps

Family 1 3 Mbps

Rp 277.500

Family 3 10 Mbps

Family 3 10 Mbps

Rp 555.000

XL Home

Value XL SATU Lite

Value XL SATU Lite

Rp 129.000

Family XL SATU Lite

Family XL SATU Lite

Rp 299.000

Telkomsel Orbit

Orbit Star Z1

Orbit Star Z1

Rp 599.000

Orbit Pro H1

Orbit Pro H1

Rp 1.699.000

Orbit Turbo 5G

Orbit Turbo 5G

Rp 6.349.000

Pilihan paket internet wireless ternyata sangat beragam, dari yang harganya mulai seratus ribuan sampai paket internet 5G yang dibandrol dengan harga 6 jutaan, namun perlu diingat untuk harga Telkomsel Orbit diatas adalah harga perangkatnya, untuk harga paket internetnya tentu lebih terjangkau. Info lengkap tentang harga paket Orbit bisa dilihat di 101 INTERNET, ya.


Biaya Pemasangan

Mengetahui harga paket internet yang tersedia tentu tidak cukup untuk menentukan jenis provider yang ingin Anda pilih, informasi penting lainnya adalah biaya pemasangan atau biaya instalasi perangkat di lokasi rumah Anda. Faktor lapangan sangat berpengaruh dalam pematokan harga, mungkin saja akan dibutuhkan ekstra kabel untuk menjangkau rumah Anda. Biasanya, para teknisi akan melakukan survey lokasi sebelum melakukan instalasi di rumah Anda. Berikut adalah biaya pemasangan dari beberapa provider. 

Provider

Biaya

Indihome

Harga normal: Rp 500.000

Harga promo: Rp 115.000 - Rp 250.000

Biznet

Rp 750.000 - Rp 900.000 tergantung jenis paket

Iconnet

Harga normal: Rp 250.000

Harga promo: gratis

XL Home

Gratis 

Citranet

Rp 150.000 - Rp 500.000

Fiberstream

Harga normal: Rp 500.000

Harga promo: menyesuaikan dengan promo yang berlaku


Tips dalam Memilih Provider Internet di Rumah Anda 

  • Baca ulasan dari pelanggan lain

Membaca review atau testimoni sudah menjadi hal wajib sebelum mencoba produk baru, jadi pastikan provider yang Anda pilih memiliki kualitas pelayanan yang baik. Hal ini penting saat ada gangguan apakah masalah cepat ditangani. Tentu tidak ada yang tahan hidup berlama-lama tanpa internet.

Tidak semua lokasi dapat dijangkau oleh penyedia jasa internet rumah, pastikan terlebih dahulu tempat tinggal Anda dapat dipasang internet rumah atau tidak. Anda bisa cek melalui website provider masing-masing atau bisa menghubungi customer care mereka. Jika rumah Anda tidak dapat dipasang kabel internet, tenang saja, masih ada pilihan jaringan wireless.

  •  Pilih jenis kecepatan sesuai kebutuhan

Jangan mudah tergiur dengan promo yang ditawarkan penyedia jasa. Anda tidak perlu internet dengan kecepatan 300 Mbps jika hanya diperuntukkan untuk meeting online, nonton film, atau sekedar berselancar di media sosial. Jadi pastikan kembali berapa perangkat yang akan terhubung ke internet, luas rumah, dan jenis aktivitas internet yang Anda lakukan.

  •  FUP

 FUP (Fair Usage Policy) adalah batas pemakaian wajar internet, atau kuota maksimal yang Anda dapatkan dengan kecepatan internet yang penuh. 

 

Jika batas kuota paket internet habis, Anda tetap bisa menggunakan internet tersebut hanya saja kecepatannya berkurang. Jika Anda mendapat paket internet yang bebas FUP itu bisa menjadi sebuah kelebihan, karena kecepatan internet tidak akan berkurang selama paket masih aktif.

Setelah membandingkan jenis paket internet, kecepatannya, harganya, biaya pemasangannya, Anda juga dapat membandingkan benefit yang didapat, apakah paket internet sudah termasuk TV berlangganan atau bonus telepon rumah. 101 INTERNET telah membantu Anda untuk mendapat berbagai informasi mengenai semua jenis provider dan paket-paket yang ditawarkan. Anda tidak perlu lagi membuka semua website provider untuk membandingkan beberapa jenis layanan jasa telekomunikasi, Anda hanya perlu menjelajahi 101 INTERNET. Dengan berbagai pertimbangan diatas, kini Anda sudah mengantongi beberapa informasi dan siap memilih provider internet terbaik di Yogyakarta.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai provider dan paket internet di Yogyakarta, kunjungi 101 INTERNET. Tentu saja tidak hanya di Yogyakarta, Anda juga bisa melihat paket internet seluler maupun paket internet rumah untuk semua wilayah di Indonesia. Yuk, buruan cek 101 INTERNET!

Pilih Paket Broadband Internet di 101 INTERNET
 
ASIH LESTARI

Anda dapat memilih sendiri provider dan tarif yang cocok untuk Anda. Tapi, Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami. Kami akan menjawab semua pertanyaan Anda dan membantu Anda memilih tarif terbaik untuk Anda.

You have successfully subscribed!
This email has been registered