Cara Mengatasi Wi-Fi Aktif Tapi tidak Ada Koneksi Internet

Mungkin sobat 101 INTERNET pernah mengalami hal yang kurang berkenan saat sedang asyik internetan tiba-tiba tidak ada koneksi internet, padahal laptop atau handphone kita sedang terhubung dengan Wi-Fi. Jika masalah ini terjadi, coba sobat ingat-ingat apakah tagihan internet bulan ini sudah dibayar? Jika sudah, lalu apa ya penyebab Wi-Fi tersambung tapi tidak ada internet? 

WiFi

Kenapa tidak ada koneksi Internet?

Yuk, ketahui lebih dulu penyebab internet Wi-Fi mengalami gangguan seperti tidak ada internet atau koneksi internet anda tidak pribadi sebelum mencari cara bagaimana mengatasinya.


 Masalah jaringan

Penyebab Wi-Fi bermasalah biasanya soal cuaca, jika hujan lebat disertai petir dan angin kencang bisa saja menyebabkan perangkat kabel internet atau tiang kabel mengalami kerusakan dan menyebabkan gangguan internet. Untuk masalah ini sebaiknya menunggu cuaca membaik atau menghubungi pihak providernya.


  Router bermasalah

Router adalah alat yang menghubungkan perangkat kita ke jaringan internet. Jika alat ini bermasalah tentu saja tidak bisa terhubung ke internet karena penerimaan sinyal terganggu.

Router

  Konfigurasi perangkat error

Jika konfigurasi pada perangkat Wi-Fi mengalami masalah maka akan mengganggu proses penangkapan dan pemancaran sinyal. Jika masalahnya ada di hal ini, Anda dapat mengubah konfigurasinya ke setting-an awal atau mode default.


 Tips mengecek dimana letak masalah Wi-Fi anda:

Pastikan router anda aktif, laptop dan handphone kalian tersambung ke Wi-Fi

  • Jika HP anda dapat mengakses internet dan laptop tidak, artinya masalah ada di laptop.
  • Jika laptop anda bisa internet dan HP tidak, artinya HP anda bermasalah.
  • Jika laptop dan HP anda tidak dapat mengakses internet, router anda yang bermasalah. 


Solusi mengatasi Wi-Fi yang tidak ada internet

Setelah mengidentifikasi letak masalah internet anda dimana, ada beberapa solusi yang telah kami siapkan untuk masalah ini, mari kita cek satu per satu. 

 Cek pengaturan pada perangkat handphone atau laptop.

Pastikan laptop/HP kita dalam mode aktif menerima sinyal Wi-Fi yang tersedia.  Pada kebanyakan kasus di laptop anda perlu update Driver adaptor Wi-Fi agar laptop dapat menerima sinyal Wi-Fi dengan baik. 

  • Klik kanan pada My Computer, kemudian pilih properties.
  • Cari Driver adaptor Wi-Fi , lalu klik kanan dan pilih update driver software.


 Mengatur ulang perangkat
router atau restart router.

Cara ini terbilang mudah dan tidak jarang berhasil dalam mengatasi masalah tidak ada internet pada Wi-Fi. Matikan router dan tunggu 30 detik hingga 1 menit kemudian nyalakan kembali router anda. Cara ini kebanyakan berhasil loh. 

 Melakukan konfigurasi jaringan.

Untuk mengubah mode Wi-Fi anda perlu membuka halaman admin router melalui perangkat apa saja, bisa melalui browser HP ataupun laptop. Anda bisa mengikuti petunjuk manual di buku panduan router. 

  • Buka melalui browser anda http://192.168.0.1/ atau http://192.168.1.1/.
  • Login menggunakan username dan password yang ada atau menggunakan username admin/user dan untuk password biasanya dikosongkan.
  • Cari Wireless Setting kemudian ubah modenya menjadi 11bgn mixed.
  • Simpan perubahan dan selanjutnya restart router.

 Hubungi Customer Care provider.

Jika semua cara sudah dilakukan namun masalah tetap saja terjadi, segera hubungi call center provider, biasanya mereka akan mengirimkan teknisi ke rumah anda untuk memperbaiki masalah Wi-Fi anda. Jelaskan secara rinci masalah anda dan buat janji tanggal perbaikan sehingga anda dapat mengawasi kerja teknisi di rumah anda.

    Customer Care provider

     

    Anda telah mengetahui penyebab dan solusi Wi-Fi tersambung tapi tidak ada koneksi internet. Namun, jika internet Wi-Fi rumah anda dirasa sering mengalami gangguan dan Anda sudah berulang kali memperbaiki dan masalah kembali terjadi sehingga membuang-buang energi anda. Tidak ada salahnya anda mencoba jenis internet rumah yang lain yang tersedia di kota anda. Tenang saja, beberapa provider internet rumah menawarkan biaya pemasangan dengan harga promo atau bahkan ada yang sampai gratis. 


    Rekomendasi Paket Internet Wi-Fi Rumahan Unlimited dibawah 500 ribuan

    Setelah Anda mengetahui Cara Mengetahui Wi-Fi yang tiada ada Koneksi Internet, 101 INTERNET memberikan Anda beberapa rekomendasi paket Iinternet Wi-Fi unlimited dengan harga dibawah Rp 500.000 untuk pertimbangan Anda memilih Wi-Fi rumahan dengan kecepatan yang beragam. Berikut ini daftar paket internet rumah, silakan cek dan bandingkan paketnya.


    Provider

    Paket

    Kecepatan 

    Harga

    Keterangan

    MyRepublic

    Fast 

    50 Mbps

    Rp 407.000

    Paket ini true unlimited tanpa FUP, jumlah perangkat yang bisa terhubung 8-12, jangkauan luas.

    XL Home

    Super Users

    300 Mbps

    Rp 499.000

    Bebas biaya instalasi, sewa router, dan sewa entertainment box, mempunyai kecepatan tinggi.

    Citranet

    Air Wave 3

    25 Mbps

    Rp 440.000

    Hanya tersedia di Yogyakarta, Surakarta, Purwokerto. Biaya instalasi Rp 500.000 jenis internet wireless.

    Megavision

    Silver

    100 Mbps

    Rp 499.000

    Hanya tersedia di Bandung dan Bogor. Termasuk 65 channel TV, modem dipinjamkan.

    First Media

    D'Lite HD 

    30 Mbps

    Rp 479.000

    Untuk 3-5 perangkat, harga belum termasuk pajak dan biaya admin, termasuk 154 channel TV dan streaming.

    Iconnet

    Iconnet100 

    100 Mbps

    Rp 427.000

    Cangkupan area meliputi Jabodetabek, untuk daerah Jawa dan Bali lainnya harga sedikit lebih mahal, harga belum termasuk pajak.


    Anda dapat membandingkan paket internet rumah, kecepatan, dan harganya melalui 101 INTERNET. Tak hanya internet rumah, di 101 INTERNET Anda juga bisa membandingkan dan memilih paket internet seluler dari semua operator, 101 INTERNET membantu ada dalam merangkum semua informasi tentang internet seluler, internet rumah maupun internet satelit. Selain itu, Anda juga dapat mengecek paket-paket dengan spesifikasi tertentu, seperti paket internet unlimited, baik untuk rumah maupun seluler di 101 INTERNET. Yuk, cek sekarang di sini!

    Pilih Paket Broadband Internet di 101 INTERNET

    ASIH LESTARI

    Anda dapat memilih sendiri provider dan tarif yang cocok untuk Anda. Tapi, Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami. Kami akan menjawab semua pertanyaan Anda dan membantu Anda memilih tarif terbaik untuk Anda.

    You have successfully subscribed!
    This email has been registered