Apa Kata Mereka tentang Telkomsel? - Kelebihan dan Kekurangan Telkomsel

Telkomsel

Kalau Anda mengaku warga +62 sejati pasti sudah paham kan, keunggulan Telkomsel? 

Dikenal sebagai kartu yang bagus di daerah terpencil, tak heran Telkomsel menjadi operator seluler favorit masyarakat. 

Apalagi, berdasarkan survei laman Katadata pada Agustus – September 2022, Telkomsel mempunyai ketersediaan sinyal seluler paling luas dan menjangkau area pelosok se-Nusantara. 

Biarpun begitu, dibalik segala kelebihan kartu Telkomsel rupanya tetap memiliki sisi kelemahan. Oleh sebab itu, bagi kalian yang hendak membeli kartu perdana, sebaiknya baca terus pembahasan tentang keunggulan dan kekurangan paketnya di bawah ini!

Paket Internet Telkomsel

Paket Internet Telkomsel

 


Di masa lalu, mungkin kita masih menjumpai tiga jenis kartu Telkomsel, yaitu AS, Loop, dan Simpati. Akan tetapi, sekarang sudah dilebur menjadi satu produk namanya Telkomsel PraBayar.  

 

Harga Paket Internet Telkomsel

 

Pengen nonton streaming sepuasnya di Netflix? Main medsos? Atau, ngegame online tanpa lemot? Ayo, simak daftar paket terpopuler Telkomsel berikut: 

Pilihan terbaik jika kalian pecinta sinema. Jaringan internet super ngebut sangat ideal untuk nonton video streaming anti lagging. Berlaku satu bulan plus tambahan gratis berlangganan aplikasi penyedia hiburan film. 

 

OMG!

 

GB

Masa aktif 30 hari 

Rp (Ribu)

Benefit

3 + 1

43.000

Youtube, Facebook, Instagram, MAXstream, Viu, iFlix, Klik Film, Bein Sport, dan Nickelodeon Play

5 + 2

66.000

8 + 2

94.000

 

Siapa bilang gaming itu hobi mahal? Buktinya, paket satu ini cuma seharga di bawah seratus ribuan. Kalian bisa menikmati kuota berlimpah dengan kecepatan lancar untuk menemani aktivitas permainan online. Ngegame jalan terus, harganya ramah di kantong. 

 

GamesMAX Power

 

Kuota Utama

Voucher Games (diamond)

Hari

Rp

Free Fire 6GB

140

30

75.000

MLBB 6GB

85

30

75.000

Gold FF 3.5GB

140

30

50.000


Dengan berlangganan Gala, hobimu nonton bakal terfasilitasi secara lancar. Opsi ini menyediakan akses premium ke channel favorit Box Office, seperti HBO GO, Genflix, Amazon Prime Video, VIU, dll. Dijamin deh, acara nonton bareng teman atau keluarga makin seru!

GALA

 

 

 

 

 

Maxstream

All net

Masa berlaku (hari)

Rp

7

2

30

71.000

20

4

99.000

30

10

149.000


Kuota Paket Internet Telkomsel


Masih mau yang paling murah? Tenang saja! Ada beberapa paket yang kuotanya dibagi-bagi sesuai kebutuhan dan aplikasi favoritmu. Antara lain: 


Ketengan

Dilansir dari laman resminya, kuota ini yang paling diburu kalangan generasi muda Zillenial. Pasalnya, kamu bisa memilih sendiri ketengan yang cocok kebutuhan, misalnya entah itu hanya Facebook saja, Youtube saja, Whatsapp saja,  bahkan kuota utama saja. 

Jadi, ketimbang ribet membeli kuota besar tapi mubazir, lebih baik ngeteng aja.  Kalian dapat menikmati harga hemat mulai 4ribuan. Asyik, kan! Hanya saja kalian perlu tahu bahwa masa berlakunya cuma 24 jam/ 1 hari. 

Ketengan Utama

Rp

500MB

4.000

6GB

17.000

3,5GB

15.000

TikTok 1GB

3.600

WhatsApp 1GB

3.600

Twitter 1GB

3.600


Paket Belajar


Pelanggan PraBayar, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa bisa menikmati paket belajar. Terdapat empat jenis opsi yang ditawarkan, yaitu Paket Cakap, Paket Kuota Belajar, Paket Ilmupedia, & Paket Ruangguru. 

Semua paketnya dibanderol harga ekonomis, cuma seribuan aja per 1GB. Maka itu, cocok dan ramah di kocek anak kos atau mahasiswa. 

 

Paket Ketengan Belajar

 

Terlebih lagi, pengguna bisa mengakses beraneka aplikasi edukatif tanpa khawatir kehabisan kuota. Beberapa aplikasinya seperti Duolinggo, Udemy, Cakap, Google Classroom, hingga ratusan e-Learning universitas dan sekolah di seluruh tanah air. 

1 Hari

Rp

GB

Ketengan Ruangguru

1.100

1

3.300

10

Cakap

30.000

1 + 4

Belajar

3.300

2

Ilmupedia

25.000

10+1

40.000

20+2


Kuota Keluarga

Siapa nih yang sering mengeluh karena paketan cepet habis dipakai adik atau kakak? Nih dia pilihan idealnya buat seluruh anggota keluargamu. Dengan opsi ini, kamu bisa memperoleh kuota sampai 120GB, bebas nelpon dan SMS. 

Kenapa sih harus pilih produk kuota keluarga? Karena kamu bakal mudah mengatur pengeluaran budget komunikasi untuk 6 orang anggota keluargamu dengan berbagi kuota. 

Cukup daftarkan nomor ponsel anggota dan paketnya siap dibagikan sesuai kebutuhan ke masing-masing orang. Lebih hemat kan, daripada harus membeli satu orang satu paket. 

GB

Rp

Benefit

Lite

20 + 5

150.000

Advance

60

250.000

Unlimited Nelpon

Masa berlaku 30 hari

Ultimate

100

400.000


Masa Berlaku Paket Internet Telkomsel

Berdasarkan pemberitahuan terbaru sejak 7 Maret 2022, pengguna yang ingin menambahkan masa aktif harus membeli paket secara khusus. Tak seperti sebelumnya, pengisian pulsa biasa tidak akan memperpanjang masa aktif kartu. 

Seperti yang diketahui, sebelumnya jika kita membeli pulsa atau top up maka otomatis akan menambah masa aktif SIM card. Semakin sering membeli pulsa, masa aktif juga akan terakumulasi. 

Akan tetapi, sekarang para pengguna kartu PraBayar harus membeli paket masa aktif tersendiri. Perpanjangan masa aktif tidak bisa diakumulasi dan batas maksimal 1 tahun. Rentang waktu masa berlaku dihitung sejak tanggal terakhir kartu PraBayar aktif. 

Rp 

Berlaku (Hari)

2.000

5

4.000

10

6.000

15

12.000

30

30.000

90

59.000

180

115.000

360


Lantas, bagaimana sih cara menambah masa aktif? Caranya gampang banget, ada beberapa cara pembelian, yaitu melalui outlet DigiPOS, dial *888#, kode UMB *500*05#, serta membeli lewat aplikasi MyTelkomsel. 

Berikut adalah langkah pembelian masa aktif lewat aplikasi: 

  • Login dan Buka aplikasi MyTelkomsel.
  • Tap “Belanja”.
  • Klik “Internet”.
  • Tap “Perpanjangan Masa Aktif”.
  • Pilih sesuai kebutuhan dan lakukan pembayaran.
  • Transaksi selesai.

 

Benefit Paket Internet Telkomsel

Hampir separuh masyarakat Indonesia memakai kartu Telkomsel untuk beraneka aktivitas digital, salah satunya terhubung secara online. Ini artinya, netizen di tanah air begitu mengandalkan jaringan koneksi Tsel di daerah-daerah pelosok. 

Selain keunggulan jaringan yang luas, apa saja benefit yang diperoleh pengguna paket internet Telkomsel? Mari simak ulasannya di bawah ini:

 Menikmati layanan hiburan tanpa lemot


Konektivitas saat berselancar di dunia maya adalah prioritas pengguna. Oleh sebab itu, Telkomsel menghadirkan berbagai paket internet menarik. Cocok buat pecinta film Netflix, video streaming Youtube, gamers online, hingga pemakai aktif media sosial. 

Info tambahan, kecepatan data mencapai 36 Mbps di jaringan 4G sehingga beraktivitas digital makin lancar dan nyaman tanpa terganggu lagging atau lemot. 

 Menjangkau wilayah terpencil di tanah air


Keunggulan lain paket internet Tsel adalah jangkauan luas ke berbagai pulau-pulau pelosok se-Nusantara. Hal ini tak lepas dari infrastruktur jaringan yang terus bertambah. 

Tercatat pada 2022, sedikitnya ada 230 menara pemancar (BTS) milik Tsel yang lokasinya tersebar di berbagai kota. Layanan tersebut diharapkan mampu memperkuat daya pancar sinyal dan menghubungkan komunikasi masyarakat.   

Dengan lebar pita 5 MHz dan frekuensi 900 MHz berada di jaringan 4G LTE menjadikan Telkomsel semakin terdepan dalam menjangkau pulau-pulau terpencil di Indonesia. 

 Mendukung aktivitas kerja dan pendidikan


Satu lagi keunggulan bundling internet Tsel adalah sangat mendukung para karyawan dan pelajar melakukan aktivitas digital. Harga paket murah dengan kuota internet berlimpah membuat mahasiswa, pelajar, serta masyarakat umum bisa lancar mengerjakan tugas secara online. 

Terlebih, para pelajar atau mahasiswa bisa menikmati internetan lancar cuma membayar harga mulai seribuan saja. Pas banget kan, untuk kantong anak kost/ pelajar yang .pas-pasan

Apa kata mereka tentang Telkomsel?

 

Keunggulan Telkomsel

  • Kelebihan dan kekurangan berdasarkan harga 

Melalui kanal media sosial Twitter banyak netizen yang mengungkapkan komentarnya mengenai Tsel. Salah satunya dari segi harga kartu telkomsel di konter yang dianggap banyak tersedia promo murah. 

Hanya saja, pengguna harus rajin mengecek promo yang ada karena setiap nomor akan mendapatkan promo dan harga yang berbeda-beda. 

Di sisi lain, tak sedikit netizen berkomentar paket Telkomsel mahal dan menjebak konsumen. Hal ini berkaitan pemakaian kuota aplikasi dan kuota utama yang tidak bisa dikonsumsi bersamaan. Setelah kuota utama habis, barulah kuota aplikasi akan dikonsumsi.

Promo Paket Telkomsel
Harga Telkomsel Internet
Paket Kuota Telkomsel

 

  • Kelebihan dan kekurangan berdasarkan masa berlaku 

Berikutnya mengenai masa aktif kartu, pengguna operator berlogo merah-putih ini mengumumkan peraturan terbaru pada Maret 2022 yaitu, berlaku non-akumulasi alias bila kalian ingin menambah masa aktif harus membeli paket terpisah. 

Tentunya, kebijakan baru tersebut dapat mempermudah pelanggan menyesuaikan perpanjangan masa berlaku sesuai kebutuhan. 

Meski demikian, pengumuman tersebut cukup mengejutkan pengguna karena merasa penghapusan akumulasi masa aktif kartu dapat merugikan konsumen. 

Adanya pemisahan antara pulsa masa aktif dan pulsa saldo membuat pelanggan harus membayar dobel jika ingin kartunya tetap aktif. 

 

Masa Aktif Kartu Telkomsel
  • Kelebihan dan kekurangan berdasarkan kualitas jaringan

Pepatah mengatakan “ada harga ada kualitas”, begitu pula dengan konektivitas yang ditawarkan. Akun @blcpnkrvlssfm_ sebagai salah satu pengguna menyebutkan bahwa koneksi sinyal Telkomsel di tempat tinggalnya sangat bagus. 

Berbagai survei turut membuktikan bahwa jangkauan frekuensi menara BTS “Merah Putih” paling luas. Sayangnya, beberapa pengguna juga mengeluhkan tentang kinerja koneksi yang menurun di daerah tertentu, bahkan ada yang mengatakan jaringannya tidak stabil. 

Jaringan Telkomsel
Sinyal Telkomsel

 

Jaringan 4G Telkomsel
  • Kelebihan dan kekurangan berdasarkan jumlah kuota & frekuensi sinyal

Pada dasarnya, setiap operator telekomunikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tak terkecuali Tsel yang mendapatkan banyak komentar positif maupun negatif. 

Kekuatan jangkauan frekuensi yang luas membuat Tsel layak dijadikan penyedia internet masyarakat perkotaan & daerah-daerah terpencil. 

Walaupun ada banyak keluhan lemot, kartu mahal, kuota cepat habis, namun masih bisa ditolerir karena daya pancar frekuensi sinyalnya bagus. 

Bila memang di sekitar tempat tinggalmu ada operator lain yang lebih baik, kamu dapat menggunakan kartu Tsel sebagai alternatif. 

 

Kuota Telkomsel
Kelebihan Telkomsel

Kelebihan Telkomsel 

Masyarakat Indonesia umumnya sudah memahami keunggulan Tsel. Pasalnya, jaringan Tsel selalu ada di mana-mana. Ketika bepergian atau berwisata ke wilayah pelosok, kita dapat mengandalkan si kartu “merah” untuk berkomunikasi, entah itu menelepon, SMS, maupun berinternet. 

Berikut adalah beberapa keuntungan pakai kartu Tsel:

  1. Kekuatan sinyal dan jangkauan daya pancar frekuensi luas hingga daerah terpencil. 
  2. Operator telekomunikasi milik pemerintah yang menjadi favorit sebagian besar orang Indonesia. 
  3. Opsi paket beragam dan bisa disesuaikan kebutuhan pelanggan.
  4. Harga kartu telkomsel biasa murah mulai seribu rupiah. 
Kekurangan Telkomsel

Kekurangan Telkomsel

Selalu ada sisi kelebihan dan kelemahan dalam semua hal. Sekarang kita akan membahas tentang kelemahan Tsel dikutip dari berbagai sumber. Berikut di antaranya: 

  1. Saldo dan masa aktif harus dibeli terpisah sehingga pelanggan harus merogoh kocek lebih mahal. 
  2. Tarif pulsa dibanderol harga tinggi di sejumlah aplikasi pembelian pulsa & marketplace. 
  3. Hanya cocok digunakan untuk kalangan menengah ke atas karena tarif relatif mahal dibanding kompetitor. 
  4. Pembagian kuota aplikasi hanya bisa dipakai untuk Apps tertentu dan tidak bisa berfungsi seperti kuota normal. 

Kenapa harus memilih kartu telkomsel untuk internetan dibandingkan paket lainnya?

Kartu Telkomsel untuk Internet

 

Penasaran kenapa hampir separuh warga +62 menggunakan operator telekomunikasi identik warna merah putih ini? Mari simak alasannya:

  • Sinyal mampu menjangkau daerah pelosok

Kalian tahu letak geografis Nusantara terdiri atas kepulauan. Beruntung jika kamu ada di area perkotaan karena tersedia banyak pilihan penyedia jaringan internet. 

Sementara itu, saudara kita yang berada di lokasi pedalaman harus berusaha mendapatkan sinyal dengan naik ke bukit atau tempat tinggi. 

Terlepas itu, Tsel berkomitmen memperluas layanan ke berbagai wilayah seluruh provinsi. Kemudahan akses jaringan inilah yang membuat Tsel masih menduduki peringkat operator nomor satu di hati masyarakat bahkan konektivitasnya hampir meliputi 95% wilayah Nusantara. 

Tak cuma ketersediaan jangkauan luas, standar koneksi berkelas dunia. Inilah yang menjadikannya sebagai operator unggulan, baik jaringan 2G, 3G, 4G, serta 5G. 

  • Produk bervariatif dan menarik

Nggak kalah dari provider lain, pelanggan kartu merah dimanjakan adanya pilihan paket bervariasi. Uniknya lagi, kamu bisa memilih sendiri  paket sesuai preferensi. Misalnya, apakah kamu pelajar atau mahasiswa, bisa memakai paket belajar. Sementara, bagi pengguna medsos, bisa memilih ketengan Instagram/ Facebook dengan harga ekonomis. 

Inovasi dan pelayanan tersebut sengaja dirancang demi memberikan kenyamanan pelanggan. Tambahan lagi, pengguna pemula dapat membeli bundling perangkat smartphone plus SIM Card siap pakai.  

Hampir setiap tahun selalu ada inovasi dan terobosan promo terbaru. Makanya, pantau terus info maupun promo terbaru di medsos mereka agar tak ketinggalan. 

  • Tim CS terkenal tanggap dan ramah

Menyediakan koneksi bagi sebagian besar penduduk tanah air, Telkomsel didukung tim customer service profesional. Agen call center melayani keluhan, pertanyaan, & kendala pelanggan secara cepat serta ramah. 

Sebab, perusahaan ini telah mempunyai 550.000 service center berstandar ISO. Semisal pun pelanggan ingin datang langsung menyampaikan keluhan, Tsel juga menyediakan banyak kantor cabang, outlet, gerai, M-kios, dsb. 

Sebaiknya, kalau kamu tak mau repot berkunjung atau menelepon customer servicenya, hubungi saja asisten virtual Veronika secara chat online via tautan: tsel.me/chatva. 

  • Kapabilitas infrastruktur digital

Mendapatkan predikat operator favorit Indonesia, Tsel terus membenahi dan menambah infrastruktur ke berbagai lokasi. Hanya sekitar 5% wilayah yang belum tercover konektivitas PT Telekomunikasi Seluler. 

Oleh karenanya, pada 2023 infrastruktur layanan broadband akan terus dikebut dalam jaringan 4G/ LTE & 5G. Harapannya, apabila sambungan internet dapat terpenuhi maka mampu mendorong perekonomian tanah air serta masyarakat luas. 

 

Bandingkan Ulasan Pelanggan Operator Seluler se-Indonesia di 101 INTERNET

Ulasan Operator Seluler Telkomsel

 

Nah, usai memperhatikan kelebihan dan kekurangan kartu PraBayar keluaran PT. Telekomunikasi seluler, setidaknya kita dapat membandingkan fitur-fiturnya dengan kompetitor. 

Daripada repot mengunjungi website provider satu per satu, 101 INTERNET hadir sebagai platform penawaran paket internet & provider se-Nusantara, 101 INTERNET memberikan rincian informasi tentang cara beli paket internet, paket Nelpon + SMS, hingga layanan Wifi rumahan serta ulasan para pelanggan. 

Itulah sebabnya, penting banget bagi kalian membandingkan produk/ layanan digital di 101 INTERNET. Selain mempertimbangkan harga beserta fitur, kita membaca ulasan/ testimoni pelanggan secara kredibel sehingga bisa memutuskan operator yang paling cocok. 

So, tunggu apalagi, cek keunggulan paket Telkomsel dan pilih harga terbaik melalui 101 INTERNET, ya! Jangan lupa, follow-like-comment di INSTAGRAM agar kamu selalu update info keren kami lainnya. 

 


ANNISA HUMAIRA

Anda dapat memilih sendiri provider dan tarif yang cocok untuk Anda. Tapi, Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami. Kami akan menjawab semua pertanyaan Anda dan membantu Anda memilih tarif terbaik untuk Anda.

You have successfully subscribed!
This email has been registered